Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC )

Home » » Cara Pendaftaran Online BPJS versi berbagipengalamandotcom

Cara Pendaftaran Online BPJS versi berbagipengalamandotcom

Posted by Berbagi Pengalaman Dot Com

Cara Pendaftaran Online BPJS versi berbagipengalamandotcom
bpjs
by Dhanny
Assalamu’alaikum …,
Sebelumnya salam kenal dan salam perdana nih bagi para blogger & para penduduk maya , serta penduduk Indonesia pada khususnya. Saya newbie, jadi sebelumnya mohon maaf bila ada salah2 kata dan gambar dalam penyampaiannya.
To the point aja. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya pada saat mendaftar BPJS secara Online atau via Internet. Tentu semua sudah tahu kan yang namanya BPJS. BPJS = Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 

Keuntungan mendaftar BPJS via online diantaranya adalah tidak perlu mengantri, hemat biaya transportasi, mempercepat input data, dan kebenaran data juga akan lebih pasti karena yang menginput adalah anda sendiri.
CUKUUP. Sekarang Langsung saja yuk ? he he
Bismillahirrohmanirrohim,  Karena dalam pembuatannya harus 1 kali benar, sehingga dibutuhkan ketelitian, tidak boleh salah dalam memasukkan data. Proses dimulaii ..
Cara daftar BPJS secara online dan syarat-syarat apa saja yang harus di siapkan sebelum mendaftar, adalah sebagai berikut:
1.   KK (kartu keluarga)
2.   KTP (kartu tanda penduduk) yang masih belaku
3.   Kartu NPWP Jika ada
4.   No HP dan alamat Email anda
5.   No. Rekening BRI,MANDIRI atau BNI. ( pada kesempatan ini saya menggunakan rekening BRI.
Setelah semua persyaratan sebagai syarat pendaftaran bpjs online tersebut disiapkan, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka alat web BPJS resmi di http://bpjs-kesehatan.go.id
    bpjs

  • Pilih / Klik menu Pendaftaran Online ( berada disebelah kiri atas gambar ).
  • Setelah itu maka akan muncul form pendaftaran untuk diisi sesuai dengan data diri KTP dan lain-lain yang tadi sudah anda siapkan disiapkan. Adapun data diri yang harus anda isi adalah: nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomor handphone, alamat email, dan data-data lain yang diperlukan.
bpjs
Keterangan untuk nilai iuran anggota non-DPI ( Bukan Daftar Penerima Iuran )
Untuk pemegang Kartu Jakarta Sehat ataupun yang sejenis, dia sudah secara otomatis terdaftar atau terintegrasi.sehingga NIK tidak akan bisa dimasukkan.dan untuk biaya dibayarkan oleh pemerintah dengan mendapatkan kelas 3. Berikut untuk perincian kelasnya per bulan.
Kelas 1/ orang = Rp 59.500/bulan
Kelas 2/ orang = Rp 42.500/bulan
Kelas 3/ orang = Rp 25.500/bulan
  • Sesudah melengkapi data silahkan simpan data anda dengan cara meng-klik tombol simpan. Kemudian buka email anda, dan anda akan menerima pemberitahuan melalui alamat email yang tadi anda daftarkan yang berisi Nomor Registrasi (Virtual Account Number).

bpjs
bpjs
Gambar : print out Virtual Account

            Setelah mendapatkan Virtual Account, secepat nya anda membayar iuran sesuai dengan kelasnya ( karena Pendaftaran Online hanya diberi waktu 24 jam untuk pembayaran, sesudahnya akan hangus/ mulai dari nol lagi ). Karena saya memilih kelas 1, maka saya membayar Rp 59.500. Untuk pembayaran bisa di lakukan via Bank atau atm dan juga Internet Banking. Pada waktu itu saya menggunakan ATM BRI, di menu LAINNYA ada menu BPJS, lalu masukkan VIRTUAL ACCOUNT dan JUMLAH PEMBAYARAN (59.500).

            Setelah selesai pembayaran, kemudian kita buka lagi email yang dari BPJS tadi. Kemudian kita klik lagi menu aktivasi seperti pada saat membuat virtual account. Lihat gambar, maka akan tampil menu unduh satu lagi di bawahnya, yang berfungsi untuk mencetak e-ID BPJS Kesehatan.
bpjs
Cetak e-ID BPJS anda.... " Terimakasih dan semoga bermanfaat "


 
bpjs








0 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar untuk mempererat tali silaturahmi. Terimakasih

ims logistics











Anda Ingin Berlangganan?

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

socialmarker

share
Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC ). Powered by Blogger.