Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC )

Home » , » Cara Menambahkan Efek Bayangan pada Objek

Cara Menambahkan Efek Bayangan pada Objek

Posted by Berbagi Pengalaman Dot Com



Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas mengenai cara merubah atau mengganti background foto, maka pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan postingan saya tentang cara menambahkan efek bayangan pada objek.

Efek bayangan ini fungsinya sangat penting bagi anda yang suka gonta-ganti background foto. Karena dengan adanya bayangan pada objek akan membuat editan kita semakin nyata. He he intinya kalo mau ngedit jangan tanggung-tanggung. Jangan karena kurang bayangan dikit, foto anda jadi kelihatan PALSU.
Tapi juga harus anda ingat, tidak semua foto memerlukan bayangan! Semuanya disesuaikan situasi dan kondisi atau lihat sikon. Okay,, sekian basa basinya Langsung ke TKP!

Buka progam Adobe Photoshop CS6>>OPEN>>file sebelumnya.
Untuk objek anda bebas menggunakan foto anda. Saya hanya melanjutkan pembahasan yang sebelumnya dengan objek seperti ini :

Gambar sebelum diberi efek bayangan

Gambar di atas adalah gambar objek sebelum diberi efek bayangan.
Kemudian tampilkan menu layer disebelah kanan layar atau tekan F7. Dan tampilkan menu “Tools” disebelah kiri layar . Cara menampilkan menu “Tools” yaitu klik menu “Window”>>”Tools”. Atau paling gampang cara yang otomatis yaitu “Window”>>”Workspace”>>”Painting”. Nah kalo gitu kan anda jadi tahu dua-duanya. Cara manual dan cara metic ..He he

Oke setelah tampilan kerja siap, mari kita lanjut. ^_^
Buat layer baru dengan cara klik icon “Create New Layer” ( posisinya sebelah kananbawah samping bak sampah). Lalu beri nama ‘bayangan’. Lihat gambar di bawah!

Tampilan Worksheet

Pada menu “Tools”>>Brush Tool >>Soft Round Pressure Size>>Size = 175 px>>Pilih Warna “hitam”.
Setelah selesai pengaturan lalu poleskan “Brush Tool” pada bagian tepi objek atau gambar secara keliling sampai ketemu titik pertama.
Klik pada layer “bayangan”>>Opacity=34%.
Nah sekarang bisa anda lihat hasil akhir dari gambar tersebut.

Gambar sesudah diberi efek bayangan

Mudah bukan untuk menambahkan bayangan pada objek? Walaupun sederhana namun manfaatnya terasa. Gambar kita menjadi lebih hidup dan lebih nyata. Satu lagi,, kita nggak perlu ngumpulin orang dan atur scedhule untuk foto di taman. Ribet tau he he

Ya udah kiranya cukup sekian dulu tutorial saya tentang “cara menambahkan efek bayangan pada objek”, untuk postingan selanjutnya saya akan membahas tentang “cara memberi efek tulisan menggunakan Adobe Photoshop CS6”. Apabila anda ingin membeli dvd software Photoshop original silahkan klik disini, atau mungkin anda ingin mencari tempat kursus Design Graphic klik disini. Semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar untuk mempererat tali silaturahmi. Terimakasih

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

kontes seo pusdiklat pemendagri

ims logistics











Anda Ingin Berlangganan?

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

socialmarker

share
Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC ). Powered by Blogger.